Tags

, , , ,

Berpetualang ke negara kepulauan Selandia Baru cukup mudah karena keindahan alamnya tersebar ke setiap sudut negeri. Dari ujung pulau utara sampai pulau-pulau kecil di selatan, dari Wellington hingga Nelson, terhampar warna biru gunung dan lautan serta warna hijau pepohonan.

Perjalanan kali ini dimulai dari utara, yaitu wisata air di danau Taupo, danau terbesar di Selandia Baru. Pada musim panas dan dingin, para pemancing andal dari seluruh dunia berburu ikan trout di sini. Di sebelah barat danau, terdapat Taman Hutan Pureora. Di situ terdapat spesies langka, seperti shy kaka (burung beo semak) dan jamur biru. Selain wisata air, kita dapat mendaki gunung dan bersepeda pada musim panas atau bermain ski pada musim dingin.

Sekarang, mari kita bergeser ke Taman Nasional Te Urewera di pulau utara. Karena letaknya terpencil, hutan Te Urewera masih sangat asli dan menampung satwa yang langka dan unik. Di sini, berbagai hobi dapat kita salurkan, seperti naik perahu, memancing, dan berburu. Kita juga dapat berpetualang di trek hiking sekitar danau Waikaremoana. Bagi penyuka suasana alam, Anda dapat tinggal perkemahan atau pondok dekat danau. Jika tidak ingin digigit nyamuk, Anda dapat menginap di Bed and Breakfast Hotels, dekat Taman Nasional Te Urewera.

Masih di pulau utara, kini kita masuk ke dalam Goa Waitomo. Di sini kita dapat melihat indahnya kilau cahaya dari permukaan dinding dan atap goa. Cahaya itu dipancarkan oleh ribuan cacing goa atau glowworm. Selain itu, Anda yang bernyali besar dapat mencoba cave abseiling atau panjat goa.

Puas menjelajah pulau utara, kita berpindah ke pemandian air panas Hanmer di selatan. Air panas yang berasal dari pegunungan Alpen Selatan ini bersuhu 33–42 derajat celcius, suhu yang sempurna untuk menenangkan diri dan bersantai. Selain kolam air panas, Anda juga dapat bersepeda, memancing, bermain golf, ski, snow boarding, naik jet boat, dan berkuda. Kita juga dapat menikmati perawatan kecantikan di Hanmer Spring Spa.

Di pulau selatan, terdapat lebih banyak taman nasional. Selandia Baru memiliki 14 taman nasional dan kebanyakan ada di pulau selatan. Misalnya taman nasional Abel Tasman, Nelson Lakes, Paparoa, dan Aoraki. Di sini, kita dapat berenang, memancing, menjelajah hutan, bersepeda, naik kayak, snorkeling, atau sekedar berjemur.

Orang Selandia Baru suka dengan berbagai macam hiburan. Maka, pada musim tertentu selalu diadakan berbagai acara. Pada musim dingin, diadakan Olimpiade Musim Dingin yang menampilkan olahraga ski, selancar es, dan semacamnya. Lalu, pada musim gugur, terdapat aneka festival, seperti festival kuliner, seni, balon udara, musik, dan bahkan sepeda.

Sebelum pulang, sempatkanlah berbelanja oleh-oleh khas Selandia Baru. Belilah buah kiwi yang menjadi ikon negara Selandia Baru. Buah yang berasal dari Cina ini dijual di berbagai tempat. Selain kiwi, Selandia Baru juga memiliki banyak cinderamata yang khas, seperti bahan tekstil dan sepatu dari kulit domba, aneka produk kaca, permata, serta berbagai perhiasan. Toko suvenir dan asesoris di antaranya terdapat di kota Queenstown, Auckland, Wellington, atau Nelson.

Negara tempat syuting film Lord of the Rings ini akan memberi kesan dan kenangan yang tak terlupakan.

[Dimuat di Majalah Terrasse BRI]

Advertisements