Tags

, , ,

Tuntutan kesibukan dan masalah jarak sering membuat orang malas berbelanja di supermarket. Karenanya, beberapa negara telah menerapkan belanja virtual sebagai solusinya. Dengan mengadaptasi konsep belanja dari Korea Selatan, China pun ikut membuat supermarket virtual di beberapa stasiun di Shanghai dan Beijing.

Di dinding-dinding stasiun tersebut, Anda akan menemukan tampilan barang-barang kebutuhan rumah tangga. Namun, barang-barang ini tidak nyata dan tidak dapat dipegang. Untuk membelinya, Anda tinggal memilihnya dan melakukan scan kode menggunakan smart phone Anda. Kemudian, beberapa saat setelahnya, barang yang tadi dipesan akan segera diantar ke rumah Anda.

Perusahaan yang mempelopori fasilitas belanja ini di China adalah mall online Yihaodian. Supermarket virtual tersebut tersedia di People’s Square, Jingan Temple, Nanjing Road East, Century Avenue, Jiangsu Road, Changshu Road, Shanghai Stadium, dan beberapa stasiun lainnya.

Dengan teknologi ini, warga China tidak perlu repot-repot pergi ke supermarket untuk berbelanja. Mereka dapat berbelanja sambil menunggu keretanya datang. Kemajuan teknologi memang telah banyak mengubah pola hidup masyarakat modern.

[Dimuat di Majalah Sheng Yi Vol. 05/2011]

Advertisements