Tags

,

Jago Main Rubik dari Nol

Rubik’s cube atau rubik adalah mainan teka-teki mekanik berbentuk kubus 6 sisi dengan 6 warna berbeda. Permainan ini mengharuskan kita untuk mengumpulkan setiap warna yang sama pada satu sisi. Rubik ditemukan oleh seorang pemahat dan arsitek dari Hongaria bernama Profesor Erno Rubik. Dalam perkembangannya, rubik terus mengalami perubahan dan penyempurnaan.

Pada akhir 2009, lebih dari 400 juta rubik telah terjual di seluruh dunia. Jumlah ini membuat rubik menjadi mainan terlaris di dunia. Orang-orang menyukainya karena rubik adalah mainan yang pintar, praktis, sekaligus menantang. Banyaknya alternatif penyelesaian membuat orang semakin penasaran dan ketagihan. Selain itu, harganya yang terjangkau dan efek positifnya bagi otak membuat rubik diterima oleh semua kalangan.

Pada dasarnya, rubik diselesaikan melalui dua cara, yaitu dengan logika dan hafalan. Mainan ini sangat mirip dengan matematika. Bahkan, nantinya akan kita temui permutasi, orientasi, dan algoritma atau rumus-rumus. Bedanya yang dipermutasikan adalah warna dan rumusnya berupa gerakan tangan. Inilah yang membuat rubik unik dan menarik. Bahkan orang yang benci matematika sekalipun akan tertarik untuk bermain rubik.

Namun, kebanyakan tutorial bermain rubik masih terlalu sulit dipahami, terutama bagi yang benar-benar pemula. Karenanya, buku Jago Main Rubik dari Nol karya Ardi Darmawan ini hadir demi memenuhi tuntutan tersebut.

Panduan bermain rubik di dalam buku terbitan WahyuMedia ini disajikan dengan lengkap sekaligus sederhana, agar orang awam atau bahkan anak-anak dapat memahaminya dengan cepat. Tiap langkah dijelaskan dengan detail dan disertai gambar full colour. Bagi yang sudah mahir, disediakan bab yang khusus untuk membahas tentang permainan rubik cepat (speedcubing).

Advertisements